keindahan alam Indonesia

10 Keindahan Alam Indonesia

keindahan alam Indonesia
10 Keindahan Alam Indonesia terkenal keindahan alam yang dimilikinya, tak heran jika berbagai destinasi wisata alam di Indonesia terkenal hingga seluruh dunia.

Keindahan alam Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang sangat indah. Negara kepulauan seluas 1, 93 juta km ini memang memiliki benteng alam yang begitu mempersona. Tak heran jika jumlah wisatawan yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia.

Karena keindahan alam Indonesia yang tak terkira berlibur pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Karena ada sejumlah destinasi wisata alam Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja di antaranya, Berikut rokomendasi keindahan alam Indonesia terbaik yang telah mendunia.

Pulau Weh

Pulau Weh adalah saebuah pulau kecil yang terletak di ujung barat Indonesia, di provinsi Aceh. Menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan, seperti pantai-pantai yang begitu indah dan air laut yang sangat jernih, bukit-bukit yang menawankan pemandangan spektakuler. Selain itu ada, banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pulau weh, termasuk wisata menyelam, wisata alam, dan wisata kuliner yang begitu lezat.

1. Wisata Menyelam Di Pulau Weh

Pulau Weh merupakan salah satu destinasi wisata menyelam yang sangat terkenal di Indonesia. Pulau ini memiliki banyak lokasi menyelam yang menakjubkan, seperti Pinnacle Rubiah Batee Tokong, dan Arus Banda. Para penyelam dapat menemukan beragam keindahan bawah laut, seperti terumbu karang yang indah dan ikan-ikan yang bervariasi. Selain itu, pulau weh juga memiliki banyak pusat penyelaman yang di lengkapi dengan fasilitas lengkap dan panduan ahli.

2. Wisata Alam Di Pulau Weh

Selain wisata menyelam, ada banyak kegiatan alam lain yang dapat dilakukan di pulau weh. Wisatawan dapat mengunjungi air terjun sabang, sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan terletak di hutan tropis. Selain itu pulau weh juga memiliki taman nasional gunung leuser, sebuah taman nasional yang memiliki flora dan fauna yang sangat beragam. Termasuk orang utan, harimau, dan gajah sumatera.

3. Wisata Kuliner Di Pulau Weh

Pulau Weh juga memiliki kuliner yang sangat khas dan lezat. Wisatawan dapat mencicipi masakan aceh yang sangat lezat, seperti mie Aceh, nasi goreng, dan sate matang. Selain itu wisatawan juga dapat mencoba makanan laut seperti ikan bakar, kepiting saus, dan udang lobster yang besar.

Kunjungi Pulau Weh dan nikmati keindahan alam yang spektakuler serta kegiatan yang menarik. Pulau ini adalah destinasi wisata yang cocok bagi mereka yang mencari liburan yang santai dan menenangkan. Jangan lewatkan wisata menyelam, wisata alam, dan wisata kuliner yang menakjubkan di Pulau Weh.

Pulau Belitung

Pulau Belitung menjadi salah satu destinasi menunjukan keindahan alam Indonesia. Pantai ini sangat indah tidak hanya memiliki pasir putih dan air laut yang biru, tetapi pantai ini sedikit unik karena terdapat batu-batu granit yang membuat pantai ini semakin indah di sepanjang pantai nya.

Luas pantai hingga 90 hekter dengan bentuk batu granit yang bermacam-macam. Selain itu, di sekitar pantai banyak yang menyediakan makanan seafoof memanjakan lidah.

Nama pulau belitung semakin terkenal sejak Andrea Hirata mempublikasikan novelnya berjudul laskar pelangi. Berlatar belakang keindahan pantai yang memukau, kisah inspiratif ini berhasil menarik minat banyak orang untuk datang ke pulau belitung. Nah bagi kamu yang berencana berlibur ke pulau ini, sediakan waktu lebih dari satu atau tiga hari untuk menjelajahinya.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. Meskipun bersatu sebagai gunung berapi aktif, Bromo tidak pernah sepi dari pengunjung.

Melihat keindahan sang surya terbit dari ufuk timur di Gunung Bromo secara perlahan mungkin menjadi satu anugra yang tak terhingga indahnya. Paduan warna oranye, kuning, hitam dan biru yang dihasilkan oleh fenomena alam ini sungguh menjadi pemandangan menarik yang tersaji bagi mata kita yang melihatnya.

Keindahan Gunung Bromo yang berada di dalam kawasan Gunung Semeru memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Gunung ini dianggap oleh masyarakat Tengger, suku yang mendiami wilayah Gunung Bromo. Nama Bromo sendiri diambil dari nama dewa utama umat hindu yaitu Brahma.

Melakukan perjalanan menuju Gunung Bromo, kaki kita akan disambut kawah pasir yang terbentang sepanjang kawasan salah satu gunung di Jawa Timur ini. Bila kita melakukan perjalanan menuju Bromo di pagi hari, kita akan disajikan warna-warna indah berasal dari pasir yang terkena pantulan sinar matahari. Pasir-pasir disini juga seolah berbisik saat tersapu oleh tiupan angin yang berhembus tenang saat pagi menyapa.

Bunaken

Salah satu keindahan alam Indonesia bisa kamu temukan di Bunaken. Taman nasional Bunaken terletak di sulawesi utara, tepatnya di segitiga terumbu karang. Di kawasan ini, ada sekitar 350 spesies terumbu karang serta berbagai jenis ikan dan hewan laut. Tak heran jika banyak wisatawan datang ke taman laut Bunaken demi bisa menyaksikan habitat bawah laut ini dari dekat.

Taman Nasional Bunaken dengan wilayahnya yang terdiri dari perairan, pesisir daratan dan pulau-pulau, memiliki iklim basah tropis khatulistiwa (BMKG 2010). Pada bulan – bulan Nopember sampaidengan April bertiup angin barat yang membawa hujan di pantai utara. Sedangkan pada bulan Mei sampai Oktober terjadi perubahan angin selatan yang kering. Namun, kondisi ini tidak berpengaruh signifikan terhadap keindahan salah satu Kawasan konservasi di utara pulau Sulawesi ini.

Keindahan kawasan ini, didukung pula oleh keberagaman ekosistem pulau yang menyusunnya. Pada ujung barat kawasan terdapat pulau Bunaken, pulau Siladen, pulau Nain dan pulau Mantehage serta sebelah utara Tanjung Pisok terbentuk dari batu gamping asal terumbu karang. Selain itu, di sebelah kiri kawasan terdapat Pulau Manado Tua.

Uniknya pada hamparan pulau Bunaken terdapat cekungan yang terbentuk pada masa pembentukan gunung api di Rataan Minahasa, yang membuat keindahan bawah laut Taman Nasional ini tidak diragukan lagi.

Pantai Sanur

Jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, Bali tak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan, nama pulau ini lebih akrab bagi para wisatawan mancanegara karena pemandangannya yang eksotis. Pantai Sanur terletak di timur kota denpasar sehingga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Berikut rekomendasi pantai sanur.

1. Sejarah

Sanur memiliki banyak nilai historis dan hal itu terbukti lewat sebuah catatan tertulis tentang keberadaan Pulau Bali, yaitu Prasasti Blanjong. Prasasti berbentuk pilar batu setinggi 178 cm ini ditemukan di dekat Sanur Kauh sekitar pada tahun 912 Masehi yang dipercaya dikeluarkan oleh seorang Raja Bali bernama Sri Kesari Warmadewa dan menyebutkan tentang sejarah tertulis tertua Pulau Bali. Kini, Sobat Pesona bisa melihat langsung bukti sejarah ini di Pura Blanjong.

Pantai Sanur juga menjadi saksi bisu atas pendaratan pasukan tentara di Bali pada tahun 1906 saat Perang Puputan. Dalam perang tersebut, seluruh rakyat Bali yang dipimpin oleh Raja Badung VII, I Gusti Ngurah Made Agung, memilih untuk melestarikan tradisi puputan atau perang habis-habisan melawan Belanda.

2. Destinasi

Nggak perlu ragu sama deratan destinasi kece yang ada di Sanur ini. Sanur bisa dibilang seperti surga pantai eksotis yang wajib banget didatangi. Mulai dari pantai Sanur, Pantai Karang, Pantai Semawang, atau Pantai Batu Jimbar. Bukan cuman main air di pantai, anda pun bisa mencoba sensasi seru menanam terumbu karang di Pantai Mertasari yang biasanya dikenal dengan sebutan sea walker.

Klau sudah puas main di pantai, waktunya mampir ke tama Werdhi Budaya Art Cente dan Cultural Vilage siap menyuguhkan ragam budaya Bali yang masih terjaga autentik.

3. Kuliner

Karena terletak sangat berdekatan dengan pesisir pantai, makanan khas dari Sanur tentunya ragam olahan seafood yang menggoda. Bukan hanya aneka menu seafood yang dibakar dengan bumbu rempah, tapi ada juga sajian sup kepala ikan dan ikan cakalang goreng yang rasanya dijamin nggak akan bikin anda kecewa. Selain olahan seafood, ada juga santapan tradisional jempolan seperti sate plecing, Nasi Campur Men Weti atau Warung Mak Beng yang populer di kalangan wisatawan, serta kedai kopi Nusantara yang menyajikan berbagai kopi khas Indonesia, seperti kopi Bali, kopi Sumatra, kopi khas dari Wamena dan kopi khas Mandailing

Raja Ampat

Jangan ragu untuk memilih Raja Ampat sebagai destinasi wisata alam di Indonesia. Kamu tidak akan kacewa menyaksikan keindahan alam Indonesia yang masih permai dan alami ini. Meskipun cukup jauh di wilayah timur Indonesia, Raja Ampat selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini pun sudah cukup lengkap dan nyaman.

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten dan merupakan bagian dari provinsi papua barat. Untuk mencapai kepulauan ini, kita harus menginjakan kaki di kota sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan banyak menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai kota Sorong, kita dapat menggunakan sejinis kapal yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 1-2 jam saja dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai Raja Ampat.

Secara umum Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayah. Namun demikan, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar Waigeo, Pulau Batana, Pulau Sulawati, dan Pulau Misool. Empat pulau besar inilah yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat adalah salah satu 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat.

Laporan badan konservasi internasional pernah menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 70% spesies laut seluruh dunia. Bahkan wilayah laut dan darat Raja Ampat yang memiliki luas 5,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 500 jenis karang, 1.600 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan ini tidak heran apabila Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia.

Wae Rebo

Menyusuri destinasi wisata di Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya, yah? Tanah Air memang memiliki banyak sekali tempat menarik. Salah satunya adalah Desa Wae Rebo yang disebut sebagai salah satu desa adat yang paling menawan di nusantara.

Apa yang kamu tahu tentang Wae Rebo? Tentu saja, ini adalah salah satu desa wisata yang berada di wilayah Indonesia bagian Timur, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut membuat desa adat ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Sudah pasti, destinasi yang memiliki julukan Negeri di Atas Awan ini punya pemandangan alam yang begitu sangat indah serta udara khas pegunungan yang begitu sejuk dan segar.

Wae Rebo diresmikan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia pada tahun 2012. Desa ini berada sekitar 7 kilometer jauhnya dari Desa Dintor menuju ke Desa Denge dengan menggunakan sepeda motor. Lalu, perjalanan dari Desa Denge menuju ke Desa Wae Rebo membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mendaki. Kamu akan dibawa menyusuri daerah terpencil yang dikelilingi oleh hutan lebat yang masih belum terjamah, menyeberangi sungai, dan melintasi bibir jurang. Terlihat seru, ya?

Masyarakat setempat percaya bahwa nenek moyang mereka yang bernama Empo Maro berasal dari Minangkabau. Bersama dengan keluarganya, Empo Maro melakukan perjalanan dengan berlayar dan akhirnya bersandar di Labuan Bajo. Empo Maro sendiri dikisahkan memang sering berpindah sebelum akhirnya menetap di Desa Wae Rebo. Menariknya, keputusan tersebut diambil setelah beliau mendapatkan mimpi untuk menetap di desa yang kini dikenal dengan nama Wae Rebo.

Pulau Komodo

Keindahan alam Indonesia yang telah mendunia di Nusa Tenggara Timur, yakni Pulau Komodo. Destinasi wisata alam Indonesia satu inilah hidup tak kurang dari 1.500 ekor komodo, hewan endemik Indonesia yang telah populer di mata dunia.

Pulau ini juga menjadi salah satu Sejahra Indonesia karena menjadi habitat asli Binatang Komodo, sejinis kadal raksasa yang memakan daging dan dilestarikan oleh Indonesia karena hewan ini hampir punah.

Pada tahun 1987, pihak UNESCO resmi menatapkan pulau komodo dan pulau lain yang termasuk kawasan taman nasional komodo menjadi situs warisan dunia. Karena keberadaan hewan komodo hanya bisa di temui di tempat ini.

1. Keindahan Alam Pulau Komodo

Pulau komodo menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan alam dan air laut yang sangat bagus. Disini kalian bisa menemukan hewan komodo dan menyaksikan kegiatan harian hewan tersebut.

Selain itu, anda juga bisa berkunjung ke pantainya untuk menikmati putihnya pasir dan jernihnya air laut komodo.

Disini anda juga bisa melakukan aktivitas diving, pulau komodo memiliki biota bawah laut yang beragam serta memiliki keindahannya masing-masing.

Selain menikmati keindahan laut, anda juga bisa berkunjung ke padang rumput dan hutan Sabana untuk melihat keindahan alam hijau yang ada di pulau ini. Dan berbagai jenis rumput yang tumbuh didaerah pulau kamodo ini.

Wakatobi

Berada di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Wakatobi yang sebagaian besar wilayahnya merupakan perairan ini merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam Indonesia yang sangat menakjubkan.

Wakatobi menyimpan sejuta pesona wisata, mulai dari keindahan wisata bawah laut, wisata pantai, peninggalan bersejarah, hingga seni budaya. Setelah ditetapkan sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas oleh pemerintah pusat, Wakatobi terus berbenah.

Wakatobi pada 2015, memang ditetapkan pemerintah menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Destinasi prioaritas lainnya adalah Borobudur, Danau Toba, Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, Pulau Komodo, Pulau seribu, Tanjung Kelayang, Mandalika, Wakatobi, dan Morotai.

Data dari Taman Nasional Wakatobi memperlihatkan betapa Wakatobi layak dijadikan destinasi pariwisata prioaritas. Dari 925 jenis karang yang ada di dunia, 850 jenis karang ( 100 persen ) di antaranya ada di Wakatobi. Dengan 100 persen jenis karang di dunia terdapat di Wakatobi.

Banda Neira

Wilayah timur Indonesia memang banyak menyimpan pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya bisa kamu temukan di Banda Neira, pulau yang terletak di Maluku tengah.

Indonesia merupakan destinasi wisata alam yang sudah banyak diakui oleh dunia. Akhir-akhir ini ada destinasi menarik yang viral di media sosial. Banyak masyarakat yang membicarakannya dan bahkan ingin mengunjunginya.

Banda Neira yang dimaksud adalah banda yang terletak di kepuluan Banda. Banda Neira tidak jauh kalah indahnya dengan beberapa destinasi lain yang sudah lebih dulu viral seperti Labuan bajo, Pulau Komodo, dan destinasi alam milik Indonesia Timur lainnya. Pulau ini menarik perhatian banyak orang karena ekosistem wisata alam dan juga sejarah masa lalu.

Akses ke wisata alam Banda Neira ini terbilang cukup sulit. Melalui jalur udara kamu harus terbang ke Ambon terlebih dahulu. Lalu melanjutkan perjalanan menaiki pesawat kembali menuju pulau Banda Neira itu sendiri. Penerbangan yang tersedia juga sangat minim, hanya terdapat dua kali penerbangan dalam seminggu. Selain jalur udara, kamu juga dapat menggunakan jalur laut dengan menaiki kapal, biaya yang harus dikeluarkan juga cukup mahal yaitu sekitar Rp350.000 hingga Rp750.000 per orang.

Selain sejarahnya yang menarik, Banda Neira juga memiliki pesona wisata yang dapat menarik perhatian banyak orang. Banda Neira memiliki pemandangan alam laut biru berpadu dengan deretan pulau dan gunung yang cantik. Pemandangan bawah laut yang sangat indah yang dimiliki Banda Neira dilengkapi dengan anekaragam flora serta fauna. Dengan keindahan bawah laut tersebut, dimanfaatkan untuk dijadikan wahana spot snorkeling maupun diving, bahkan hal tersebut sudah disebut sebagai spot terbaik di dunia.

Baca juga : 4 Objek Wisata Paling Hist Di Danau Toba