5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Jakarta Dan Sekitarnya

5 tempat wisata alam jakarta
5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Jakarta Dan Sekitarnya Salah satu hal yang jarang ditemukan di Jakarta adalah tempat wisata bernuansa alam. Hal ini kerap dibutuhkan masyarakat ibu kota untuk menyegarkan jiwa dan raga setelah penat menjalani aktivitas di hari kerja.

5 tempat wisata bernuansa alam untuk kamu jadikan sebagai tempat pelarian dari kebosanan dan menghirup udara yang segar. Mau tau lebih lanjutnya lagi? Yuk, baca artikel kami selengkapnya.

1. Taman Suropati

Di Jakarata terdapat banyak jenis taman yang bisa di kunjungi oleh masyarakat untuk menikmati alam yang rindang, seperti Taman soropoti. Taman yang memiliki luas 15.326 m ini terletak di sisi utara jalan Diponegoro, Manteng Jakarta Pusat.

Taman ini berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Manteng Boulevard, Orange Boulevard, dan Nassau Boulevard.

Dengan suasana yang asri dan sejuk dan menjadikan taman ini tepat untuk dikunjungi bersama keluarga atau dengan teman-teman anda.

Rata-rata pengunjung ke sini untuk bersantai, berfoto, atau berkuliner di pinggir jalan taman ini. Jika datang pada malam hari atau di ahkir pekan, kamu bisa menikmati musik dari seniman yang kerap datang menghibur para pengunjung.

Sejarah Taman Suropoti

Taman Suropati pada awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein, yang merupakan nama dari sebuah taman di Jakarta.

Pada awalnya nama taman ini diambil dari nama wali kota Batavia pertama, G.J. Bisshop (1920–1922).

Taman ini juga dulunya merupakan lapangan bundar, namun pada tahun 1920, baru diubah menjadi taman.

Dilansir dari laman Museum Nusantara, sejak beberapa tahun yang lalu, taman ini juga disebut sebagai “Taman persahabatan Seniman ASEAN”.

Ini ditandai dengan adanya patung-patung karya para seniman dari 6  negara  (Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina).

Masing-masing patung punya moto sendiri-sendiri.

Patung hasil sumbangan seniman Thailand diberi moto Fraternity (persaudaraan).

Indonesia dengan Peace (perdamaian), Singapura dengan Spirit of Asean (Semangat Asean), Malaysia dengan Peace Harmone and one.

Lalu, Brunei Darussalam dengan Harmony (keharmonisan) dan Filipina dengan Rebirth (kelahiran kembali).

Pengunjung bisa menemukan patung-patung tersebut berdiri kokoh di bagian dalam taman.

2. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng merupakan wisata alam yang berada di kota Jakarta. Meski Jakarta tereknal dengan kota dengan tingkat polusi yang tinggi, tapi di hutan kota ini terdapat banyak sekali pemandangan hijau yang menyegarkan.

wisata ini adalah pilihan yang tepat untuk anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan setelah dua hari lelah beraktivitas. Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari di sana. Para pengunjung tentu akan dibuat kagum.

Lokasi & Daya Tarik Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng berada di I. H. Kelik, RT. 8/ RW. 6 Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat. Karena tempat ini berada di tengah kota, jadi para pengunjung mudah mengakses jalan. Bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Terdapat lebih dari 4.000 pohon rindang yang tumbuh di hutan ini. Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini dan menjadi daya tariknya. Beberapa daftar kegiatanya sebagai berikut!

1. Piknik

Bayangkan saja melakukan piknik bersama keluarga kamu dengan beralaskan tikar di bawah pepohonan rindang dan celah matahari tentu akan sangat menyenangkan. Piknik di hutan kota adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi menghabiskan waktu bersama keluarga.

2. Memancing

Di hutan Srengseng ada danau besar yang bisa dijadikan tempat memancing. Pengunjung bisa membawa pancingan dan umpan sendiri. Jika beruntung, ada banyak ikan yang tertangkap dan gratis, namun jangan terlalu menaruk ekspektasi terlalalu tinggi.

3. Arena Bermain

Anak-anak yang datang ke sini pasti akan senang karena memiliki arena bermain khusus. Selain itu ada juga tempat bermain untuk dewasa seperti panjat dinding. Cocok untuk memacu adrenalin.

3. Setu Babakan

Setu Babakan merupakan objek wisata destinasi yang terletak di Jakarta Selatan ini merupakan perkampungan Betawi yang sudah resmi, menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta. Di sini, terdapat juga danau luas yang cantik sebagai tempat hidupnya berbagai tanaman.

Alamat dan Rute ke Lokasi Setu Babakan

Wisata Setu Babakan terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan utara wisata jakarta aquarium Lebih tepatnya berada di Jalan RM. Kahfi II, RT. 13, RW. 08. Akses menuju lokasi itu sangatlah mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Berikut beberapa opsi rute perjalanan yang bisa Anda pilih.

Jika Anda naik kereta api, sebaiknya langsung turun Stasiun Lenteng Agung. Setelah itu naik angkot menuju lokasi Setu Babakan.

Jika naik busway, Anda bisa ambil tujuan Cipedak, Jagakarsa dan minta turun di depan Kampung Betawi tersebut.

Jika berangkat dari kawasan Blok M, Anda bisa naik kopaja trayek Jagakarsa, lalu turun di depan pintu Si Pitung yang merupakan pintu utama objek wisata.

Daya Tarik

Destinasi wisata yang diresmikan menjadi salah satu cagar budaya nasional ini menawarkan berbagai daya tarik unik bagi para wisatawan. Tidak hanya pesona budayanya yang khas, tapi juga keindahan alam di sekitar lokasi wisata. Apa sajakah itu? Baca daftanya berikut ini.

Tempat Belajar Budaya Betawi Terlengkap

Berbeda dengan wahana di Taman mini Indonesia, Setu Babakan mempunyai daya tarik utama wisata edukasi budaya Betawi yang unik dan lengkap. Di sana terdapat museum Betawi yang menyimpan berbagai benda antik orang Betawi. Mulai dari alat musik, sepeda ontel, serta pakaian pengantin khas Betawi.

Anda juga bisa melihat berbagai lukisan tokoh-tokoh Betawi terkenal. Sehingga Anda bisa memperkenalkannya kepada anak-anak. Yang paling menarik, kampung budaya ini sendiri dibagi dalam 3 zona berbeda, yaitu!

  • Zona A khusus untuk mempelajari budaya Betawi secara umum. Karena disana terdapat deretan rumah adat Betawi, museum sejarah, serta gedung teater dan gedung modern ala Betawi.
  • Zona B dikhususkan sebagai pusat kuliner khas Betawi. Di sana terdapat lebih dari 250 lebih stand penjual yang ada di lahan seluas 3.700 m2. Makanan yang dijual pun beragam, mulai dari kerak telor, soto tangkar, hingga es selendang mayang.
  • Zona C tempat Anda bisa mengamati kehidupan orang Betawi secara langsung. Di sana terdapat 16 rumah adat Betawi yang dilengkapi area persawahan dan empang layaknya kampung Betawi sungguhan.

Aneka Kuliner Lezat

Berwisata ke kampung Betawi masih belum lengkap kalau tidak menikmati kuliner khasnya. Karena itulah, Setu Babakan menyediakan 300 lebih stand yang menjual berbagai kuliner lezat asli Betawai.

Untuk makanan beratnya, kamu bisa menikmati hidangan soto Betawai, soto Tangkar, gado-gado, semur jengkol, asinan, hingga gabung pucung. Sementara makanan ringannya ada kerak telor, dodol betawi, kue rangi, es selendang mayang.

4. Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan surga alami yang berada tak jauh dari mal taman anggrek, Jakarta barat. Berada persis di pusat hiruk pikuk kawasan slipi, taman hijau ini menawarkan kesegaran dengan banyak pepohonan rindang dan beragam fasilitas. Di sini, kamu bisa berlari santai, bermain sepeda, atau sekedar duduk santai sambil berfoto bersama teman-teman.

Taman ini mudah diaskes dari berbagai penjuru kota. Tak hanya itu saja, ada berbagai hal yang bisa dilakukan disini. Itulah mengapa banyak orang mengunjunginya setiap hari untuk sekedar jalan sore atau melepas penat.

Daya Tarik Taman Cattleya

Jakarta menjadi kota yang hingar bingar. Kehidupan warga kota pun semakin semarak. Fenomena ini mengakibatkan Jakarta terus berkembang sebagai destinasi wisata.

Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Taman Cattleya. Taman yang memiliki luas 33.000 meter persegi ini memiliki berbagai daya tarik. Salah satunya adalah banyaknya tumbuhan yang di tanam di sini.

Ada sekitar 987 pohon serta tanaman hias lainnya di taman ini, seperti tembesi, glondoongan tian, beringin, dan lain-lain. Tanaman-tanaman inilah yang membuat taman terlihat cantik sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto bahkan pembuatan iklan atau film.

Selain itu, taman ini juga biasa dimanfaatkan sebagai tempat bencengkerama dan rekreasi dengan teman atau keluarga. Sebagian orang juga sering berolahraga di sini saat pagi atau sore hari. Ada juga yang menyelenggarakan acara atau festival pada waktu tertentu.

5. Hutan Kota Tanah Tingal

Salah satu wisata alam di banten yang tidak boleh kamu lewatkan yakni wisata Hutan Kota Tanah Tingal. Destinasi wisata ini merupakan sebuah taman kota yang oleh pemerintah sekitar dikembangkan menjadi taman wisata alam. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke destinasi wisata ini, apa saja?

Hutan Kota Tanah Tingal Di Lokasi Yang Strategis

Hutan Kota Tanah Tingal merupakan destinasi wisata yang berada di lokasi sangat strategis yakni Jalan Merpati Raya, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang Selatan, Banten. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang selalu ramai akan pengunjung di hati biasa, akhir pekan, juga saat musim liburan tiba.

Destinasi wisata ini juga mudah dijangkau oleh kendaraan. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka cukup menggunakan bantuan Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik. Sementara bagi kamu yang berasal dari luas Banten dan menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik angkutan bus kota yang berhenti di Terminal Kota Ciputat dan selanjutnya bisa naik ojek menuju Jalan Merpati Raya.

Hutan Kota Tanah Tingal Memiliki Pemandangan Alam Yang Tak Ada Abisnya

Destinasi Wisata Hutan Kota Tanah Tingal merupakan salah satu dari sekian tempat wisata yang menawarkan menikmati keindahan alam yang tak ada abisnya. Destinasi yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini menawarkan pemandangan yang sejuk dan tentunya siap memanjakan setiap mata pengunjung. Selain pemandangan yang hijau, kamu juga akan dimanjakan dengan udara yang masih sangat asri dan segar.

Deretan pohon yang dilengkapi sejumlah hewan di dalamnya menjadikan taman ini sangat favorit untuk dikunjungi. Kenikmatan semakin lengkap dengan hadirnya danau dan sungai yang juga berada dalam lokasi ini. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang destinasi ini selain untuk melepas penat juga mencari inspirasi baru.