keindahan kawah putih

Menikmati Keindahan Kawah Putih

keindahan kawah putih

Menikmati keindahan kawah putih menjadi salah satu tempat wisata yang cukup sangat terkenal di bandung, Jawa Barat. Anda yang sedang melancong ke daerah bandung tentunya tidak lengkap jika belum mengunjungi wisata Kawah Putih ini. Wisata ini menawarkan pemandangan yang berwarna putih kehijauan dengan pohon-pohon kering yang ada di sekitarnya. Pemandangannya tentu sangat luar biasa sangat menawan. Apalagi udaranya, tentu sangat sejuk karena terletak di daratan tinggi.

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi tempat wisata ini bisa lebih dulu mengetahui informasinya melalui pembahasan yang pada kali ini akan kita bahas yakni mengenai tempat wisata yang satu ini. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap.

Bagaimana & Terbentuk Kawah Putih

Kawah putih merupakan tempat wisata yang terletak di kaki gunung patuha, tepatnya di rancabali, kabupaten bandung, jawa barat. Dan Kawah putih sendiri terbentuk dari letusan gunung patuha yang menyebabkan letusan tersebut membentuk seperti danau. Penamaan kawah putih sendiri disebabkan karena tanah yang ada di sekitar kawasan kawah putih dinamakan kawah putih. Karena air danau kawah tersebut berwarnah putih kehijauan dan akan berubah warna menjadi sedikit gelap dan dan terang bergantung pada perubahan kandungan kadar belerang, suhu, dan cuaca. Danau Kawah Putih berada pada ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, sebagai dampaknya suhu yang ada pada sekitar kawasan Kawah Putih sekitar 6 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Dengan luas total Danau Kawah Putih yang digunakan yaitu seluas 30.

Sejarah Kawah Putih

Jauh sebelum masa pendudukan Belanda di Indonesia, tepatnya sekitar awal abad ke-10, kawah putih merupakan tempat yang angker karena masyarakat ketika melihat banyak burung yang mati ketika melintas kawah putih. Sebelum menjadi tempat wisata, kawah putih merupakan tempat pabrik belerang yang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih ketika masa kolonial Belanda. Pada saat pendudukan Belanda tersebutlah baru terungkap bahwa kawah putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang merupakan peneliti yang sedang mengembangkan tanaman kina di Jawa Barat ketika itu mencoba untuk mengungkapkan fakta kawah putih.

Penemuan inilah yang membuat kawah putih dikembangkan untuk menjadi pabrik belerang yang bernama Zwavel Ontgining Kawah PutihSetelah pendudukan Belanda di tanah air, kawasan kawah putih tetap beroperasi menjadi pabrik belerang. Namun, nama pabriknya berubah menjadi kawah Putih Kenzaka Gokoya CiwideKetika masa pendudukan Jepang masih tetap penggunaannya sebagai pabrik belerang dan belum menjadi tempat wisata. Fakta kawah putih menjadi tempat wisata setelah Indonesia merdeka. Jauh dari asal usulnya yang secara fungsi untuk pabrik belerang, pada tahun 1987 kawasan Kawah Putih menjadi tempat wisata yang menjadi populer hingga saat ini. Untuk pertama kalinya Kawah Putih dibuka pada tahun 1987 oleh PT. Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat dan Banten.

Rute Menuju Kawah Putih

Akses jalan menuju objek wisata ini tidak begitu sulit karena masih berada di lokasi Sugihmukti, tepatnya wilayah Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Untuk mengunjungi wisata ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum bahkan bisa juga mengikuti paket tur.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa mengambil rute jalur dari pintu Tol Kopo atau jalur Tol Purbaleunyi dan menuju ke jalan Kopo-Soreang. Setelah masuk ke kawasan Soreang akan sampai di Ciwidey maka tak jauh dari situ kamu akan menemukan pintu masuk ke kawasan wisata kawah putih.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

Jika kamu berkunjung ke kawasan wisata ini dengan menggunakan kendaraan umum kamu bisa mulai dari terminal Leuwi Panjang di Kota Bandung dan naik L300 dengan tujuan Ciwidey. Setelah sampai di kawasan Ciwidey, kamu harus berganti kendaraan umum dan menaiki angkot berwarna kuning dengan tujuan Situ Patenggang. Biasanya angkot akan berhenti tepat di depan gerbang masuk kawasan kawah putih Ciwidey.

3. Mengikuti Paket Tur

Ada banyak sekali paket tur yang bisa membawa kamu untuk berwisata ke tempat wisata ini. Biasanya ada banyak sekali yang menawarkan, bahkan paketnya tak hanya untuk berkunjung ke kawah ini saja tapi juga tempat wisata lainnya yang ada di Bandung. Kamu bisa mencari informasi lengkap dari paket wisata Bandung yang tersedia.

Keindahan Kawah Putih

1. Kawah Putih Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha

Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12 ratusan tahun yang lalu. Letusan yang memiliki ketinggian  2.434 meter dari permukaan laut tersebut membentuk menjadi sebuah danau. Pada tahun 1837 danau putih yang bau belerangnya sangat menyengat tersebut ditemukan oleh seorang ahli bernama Dr Franz Wilhem Junghuhn. Sejak saat itu kawah ini mulai dikenal oleh masyarakat. Dan mula dijadikan sebagai tempat wisata sejak tahun 1987 oleh pemerintah Kabupaten  Bandung selatan.

2. Warna Air Kawah Yang Alami

Warna air kawah dan tanah di tempat wisata ini dikenal memang alami yang terbentuk dari campuran unsur belerang. Dan warna air kawah ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kadar belerang di dalam air karena memiliki kadar keasamaan belerang yang tinggi.

3. Air Kawah Yang Berubah Warna

Air kawah dapat berubah pada waktu-waktu tertentu karena menyesuaikan dengan kadar belerang pada kawah, suhu dan cuaca di dalam airnya. Biasanya warna air kawah akan berubah menjadi putih kehijauan atau berubah menjadi warna lainnya seperti hijau apel, biru,cokelat susu hingga berwarna putih berkabut. Warna tebing batu yang ada di depannya juga mempengaruhi warna air kawahnya karena adanya pengaruh refraksi cahaya.

4. Jadi Lokasi Flim My Heart Pada Tahun 2006

Kawasan yang selalu di selimuti oleh kebut ini dikelilingi oleh perbukitan hijau dan berada di dataran tinggi Ciwidey. Maka dari itu kawah ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Bahkan tempat wisata ini juga pernah menjadi lokasi syuting flim yang pada saat itu cukup terkenal yang berjudul ” My Heart” pada tahun 2006 lalu, Film yang diperankan oleh Acha Septriasa, Irwansyah dan Nirina Zubir tersebut memilih kawah ini sebagai latar belakang filmnya.

Fasilitas Kawah Putih

Kawasan kawah putih sudah memiliki fasilitas yang baik guna memudahkan para wisatawan yang berkunjung merasakan kenyamanan. Fasilitasnya berikut ini!

1. Kawasan kawah putih memiliki fasilitas lapangan parkir yang luas. Parkir yang luas tentunya dapat memberikan kepastian bagi wisatawan yang akan berkunjung karena apabila wisatawan sudah datang dari jauh namun tidak mendapatkan parkir. Tentunya akan membuat kecewa bagi wisatawan. Lapangan parkir di kawasan kawah putih sangat luas dan terata rapi.

2. Tesedianya restoran dan warung.

3. Toilet dan kamar mandi yang bersih

4. Mushola yang nyaman dan bersih. Bagi wisatawan yang akan beribadah tentunya menjadi hal utama mushola yang nyaman, wangi dan bersih.

5. Pengelola kawasan kawah putih menyediakan mobil dari pintu gerbang utama menuju dekat danau kawah. Bagi wisatawan yang khawatir mengendarai kendaraanya ke dekat danau .

6. Tempat istirahat dan penginapan

7. Spot foto yang instagramble

Harga Tiket Masuk Kawah Putih

  • Harga tiket masuk wisatawan lokal RP. 25 ribu saja.
  • Harga tiket masuk wisatawan mancanegara RP. 100 ribu saja.
  • Tarif angkutan ontang anting RP. 25 ribu saja.
  • Jasa reduksi emisi roda empat ke pusat kawah RP. 150 ribu saja.
  • Tiket tanda masuk roda 2 RP. 5 ribu saja.
  • Tiket tanda masuk roda 4 RP. 10 ribu saja.

Syarat masuk kawah putih

  • Wajib memakai masker
  • Mencuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun
  • Tidak deman, batuk, dan flu
  • Disarankan melakukan pembayaran non tunai

Jam buka kawah putih mulai pukul 07.00 pagi sampai 17.00 WIB.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Jakarta Dan Sekitarnya