air terjun sikulikap

Berkunjung Ke Air Terjun Sikulikap Brastagi

air terjun sikulikap

Air Terjun Sikulikap Brastagi Sumatra Utara menyimpan berbagai daya wisata dengan bentang alamnya dikaruniai keindahan, termasuk air terjun. Berbagai air terjun menarik bisa kita temui di daerah ini. Salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap yang berada di Brastagi.

Sebagai daerah yang kerap menjadi tujuan wisata, Brastagi yang memiliki suhu yang begitu sejuk memang sangat cocok untuk kamu datangi. Kegiatan jalan-jalan kamu bisa semakin lengkap dengan mengeksplorasi air terjun yang satu ini.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Air Terjun Sikulikap, kami akan membahas artikel dibawah ini lebih lanjut lagi. Baca artikel ini hingga selesai yah!

Sekilas Air Terjun Sikulikap & Lokasinya

Air terjun yang satu ini terletak di tengah rimbuannya hutan di daerah bukit barisan yang keasrian alamnya masih sangat terjaga.

Lokasinya sendiri berada di Desa Doulu Kabupaten Tanah Brastgai, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dari Brastagi, jaraknya kurang lebih 15 kilometer dan bisa di capai dalam waktu 40 menit. Sementara dari medan jaraknya sekitar 52 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Dengan lokasinya yang secara geografis berada di dataran tinggi, udara terasa sangat sejuk di sini. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mencari ketenangan, menghilangkan penat dari rutinitas.

Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter. Debit airnya pun juga cukup deras, jernih dan menyegarkan. Dikelilingi hutan tropis tempat gibon bergantungan yang kadang kalah berteriak bersahut-sahutan dan di sekitar lokasi ini terdapat bajing, burung gagak, phyton dan kupu-kupu berwarna warni.

Meskipun begitu, air terjun ini akan tetap membuat anda terpana akan panoramanya. Dari bawah, kamu bisa melihat bagaimana megah dan indahnya air terjun yang satu ini. Bila beruntung, terkadang pelangi juga tak jarang bisa anda lihat di sini.

Daya Tarik Air Terjun Sikulikap

Wisata alam Air Terjun Sikulikap merupakan wisata populer yang menawarkan panorama alam indah. Harus tau daya tarik yang dimiliki wisata tersebut. Sehingga hal ini jadi nilai lebih yang bisa memberikan anda kepuasan ketika mengeksplorasi tempat ini.

1. Pemandangan Dan Suasana Dari Air Terjun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengunjung yang datang ke air terjun ini memang tidak disarankan untuk berenang. Tapi, dengan pemandangan yang demikian, sekedar duduk-duduk atau bersantai di sini jadi hal yang sangat menyenangkan untuk anda merasakan kenyamanan di air terjun ini.

2. Jalan Yang Aman & Nyaman

Jalan di air terjun sikulikap sangat aman dan nyaman dilalui semua usia. Telah dilakukan perubahan infrastruktur jalan menuju air terjun sehingga semakin kece dan tidak kalah aesthetic dibandingkan view lainnya.

3. Area Camping Ground

Datang ke sini dan membuka tenda untuk menikmati alam juga jadi pilihan yang sangat menarik bangat bila anda datang ke Air Terjun Sikulikap. Disini, terdpat tempat yang secara khusus ditujukan untuk pengunjung yang ingin berkemah.

Di Camping Ground ini pun pemandangannya begitu sangat indah. Pengunjung juga diizinkan untuk bermalam di sini.

Dengan menginap di sini, anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Ditemani dengan gemuruh suara air terjun, udara yang sejuk, suara hewan, serta nuansa alamnya menjadikan tempat yang sangat cocok untuk bermalam.

4. Melakukan Panjat Tebing

Tidak sekedar menikmati air terjunya saja, di sini pengunjung juga bisa mencoba untuk melakukan penjat tebing. Titik panjat tebingnya sendiri berada pada batu cadas yang berada tepat di sebelah air terjun. Hal ini cocok untuk anda yang senang memacu adrenalin atau menyukai olahraga ekstrem.

Bagi kamu yang memang mau mencobanya tenang saja. Tentunya sebagai perlengkapan serta instrumen keamanan lainnya sudah tersedia di sini. Tempat ini pun kerap didatangi oleh para komunitas penjat tebing atau atlet yang hendak berlatih.

5. Spot Foto Instagramble

Ada berbagai spot foto instagramble yang dapat pengunjung temukan di Air Terjun Sikulikap, seperti!
1. Pintu Rimba Sikulikap, spot foto sebagai tanda pengunjung pernah datang.
2. Patung Huruf Sikulikap, spot foto dengan gapura aesthetic dan view pepohonan.
3. Rumah Pohon, spot foto dengan view pepohonan yang memanjakan mata.
4. Tikungan Air Terjun, spot foto dengan view oleh dua bukit.
5. Patung l Love You, spot foto yang cocok untuk kekasih.
6. Pos Registrasi, spot foto sebagai tanda pengunjung pernah mendatangi tempat ini.
7. Taman Air Terjun, spot foto dengan view Air Terjun Sikulikap yang indah.
8. Air Terjun Sikulika, spot foto yang paling laris atau diminati banyak wisatawan.

Fasilitas Air Terjun Sikulikap

Fasilitas yang ada di obyek wisata Air Terjun Sikulikap memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya adalah!

– Lahan Parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

– Warung Atau Tempat Makan

Bermain-main di sekitar air terjun selama berjam-jam pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar sana anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo atau bangku-bangku dari kayu di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan air terjun nan indah, hutan hujan tropis dan menikmati udara yang segar.

– Penginapan

Tidak jauh dari obyek wisata, untuk anda yang butuh tempat penginapan bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

– Toilet Umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata.

Biaya Masuk Air Terjun Sikulikap & Jam Buka

Para pengunjung yang datang dikenakan biaya masuk sebesar RP 5.000. Sementara jika anda membawa kendaraan, harga tiketnya sebesar RP 20.000 untuk pengguna motor dan RP 60.000 untuk pengguna yang membawa mobil.

Air Terjun Sikulikap ini buka setiap hari dari jam 07.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jadi bagaimana, teratik untuk menjadikan air terjun sikulikap ini sebagai salah satu bucket list traveling 2024 anda.