oscvntravel.comBorobudur memang menyimpan pesona yang luar biasa, sehingga mampu membuat setiap wisatawan berdecak kagum. Tak hanya menyimpan cerita sejarah yang berharga, borobudur juga menyuguhkan pesona wisata yang menarik untuk anda jelajahi. Yuk, termukan aktivitas menarik dan seru saat berlibur ke Borobudur.

Pesona Matahari Borobudur

Kemegahan Candi Borobudur yang memikat tak hanya menarik untuk dikunjungi saat siang hari, pesona dapat menikmati keindahan serta kemewahan candi Borobudur saat matahari perlahan-lahan terbit di ufuk timur. Pesona yang ingin berburu keindahan sunrise, bisa datang ke sini lebih awal, yakni sekitar jam 6 pagi.

Pemandangan Borobudur akan terlihat begitu menakjubkan sinar mentari perlahan menyeruak di setiap bagian candi, mulai dari peron, patung, stupa, hingga tiap ukiran di dinding candi. Pasti pengalaman yang sangat menakjubkan.

Menjelajahi Seluruh Area Candi

Aktivitas utama yang bisa anda lakukan disini, tentu saja mengeksplorasi seluruh area candi yang dibangun sekitar abad ke -7 dan ke-8 pada pemerintahan Syailendra ini. Di area candi yang luasnya sekitar 122 x 122 meter ini, pesona dapat melihat 2.674 panel relief dan 504 archa budha menghiasi setiap dinding candi. Sobat pesona menaiki anak tangga hingga ke puncak, Sobat pesona akan menemukan stupa terbesar yang terletak tepat di tengah candi dan dikelilingi oleh 73 stupa yang berukuran lebih kecil. Warisan budaya UNESCO, dapat ditempuh sekitar satu jam dari kota jogja.

Wisata Sejarah 3 Museum Terdekat

Saat berada di kawasan candi, Sobat Pesona juga dapat menyelami lebih dalam sejarah nusantara, dengan mengunjungi 3 museum yang buka setiap hari hingga jam 5 sore, yakni Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa (Museum Kapal Samudraraksa), dan Museum MURI.

Di Museum Borobudur, Sobat Pesona bisa melihat sejumlah artefak arkeologi serta beberapa hasil penggalian candi. Salah satu artefak yang bisa Sobat Pesona temukan selama di sini adala patung Buddha raksasa yang belum sempurna. Konon katanya, patung tersebut merupakan patung bagian dalam dari stupa terbesar yang terletak di puncak candi lho, Sobat Pesona.

Terletak di sebelah Museum Borobudur, Sobat Pesona bisa melanjutkan wisata sejarah ke Museum Kapal Samudraraksa. Selama di sini, Sobat Pesona bisa menemukan sisa-sisa Kapal Samudraraksa yang konon telah berlayar melintasi Afrika menuju Indonesia.

Nah, di bagian belakang Borobudur, ada Museum MURI nih yang bisa Sobat Pesona kunjungi! Museum MURI merupakan Guinness Book of Records versi Indonesia, Sobat Pesona. Jadi, selama di sini, Sobat Pesona dapat menemukan koleksi-koleksi langka sekaligus menakjubkan.

Mencicipi Lezatnya Kuliner Lokal

Jangan sampai kelewatan mencicipi lezatnya mangut beong saat liburan di sekitaran Borobudur. Mangut beong merupakan hidangan ikan beong yang hanya ada di kaki progo ( Mageleng ).

Kuliner yang satu ini selalu jadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Borobudur, satu porsi mangut beong biasanya terdiri dari nasi putih yang hangat dan beong gorong bercita rasa pedas. Pesona dapat mencicipi nikmatnya mangut beong di warung sehati salera pedas di desa kembanglimus, sekitar 4 km sebelah barat candi.

Mengabadikan spot instagrammable di Gerbang Klangon, Kulon Progo

Saat berkunjung ke Candi Borobudur, Sobat Pesona bisa memilih Gerbang Klangon di Kulon Progo sebagai jalur masuk menuju Magelang. Gerbang Klangon sendiri terletak di perbatasan Kalibawang di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Magelang, Jawa Tengah. Persis terletak di penanda perbatasan wilayah yang berlokasi di Jalan Nanggulan Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kali Bawang, terdapat spot instagrammable yang bernama Gerbang Samudra Raksa.

Gerbang unik tersebut mengusung konsep monumen berupa kapal bercadik khas Nusantara, lho. Kalau mampir ke sini, jangan lupa mengabadikan keindahan kapal bercadik dengan nuansa warna hitam dan emas yang satu ini ya, Sobat Pesona.

Sebagai salah satu candi Budha terbesar di Dunia serta sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Borobudur yang megah akan selalu menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, jika kamu punya rencana berlibur ke Borobudur, pastikan aktivitas seru dan menyenangkan.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Borobudur

Saat merencanakan perjalanan ke Candi Borobudur, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah lokasi candi ini dan rute yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan.

Berikut ini adalah informasi yang dapat membantu para pengunjung dalam persiapan perjalanan:

Lokasi Candi Borobudur Rute Menuju Candi terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau kereta api untuk menuju ke Magelang.

Setelah sampai di Magelang, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum atau taksi untuk menuju ke Candi Borobudur.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan layanan shuttle bus atau paket wisata yang sudah termasuk transportasi ke Candi.

Perjalanan dari lokasi wisata terdekat

Lokasi Wisata Jarak ke Candi Borobudur Waktu Tempuh

Yogyakarta 42 km 1 jam

Magelang 40 km 1 jam

Semarang100 km 2 jam 30 menit

Kesimpulan

Saya sangat merekomendasikan liburan wisata ke Candi Borobudur bagi yang sedang mencari destinasi bersejarah yang menakjubkan.

Dari keindahan alam dan arsitektur yang luar biasa hingga sejarah yang kaya dan makna religiusnya yang mendalam, candi ini benar-benar memukau.

Tidak hanya itu, di lansir dari Candi Borobudur juga menawarkan pengalaman melihat kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar candi yang menarik dan beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan.

Pengunjung dapat berjalan-jalan mengelilingi alam sekitar, berinteraksi dengan budaya lokal, atau hanya menikmati keindahan candi itu sendiri.

Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik selama ke Candi Borobudur.

Pastikan untuk memiliki informasi tentang lokasi dan rute menuju candi tersebut untuk memudahkan perjalanan Anda.

Saya yakin, liburan akhir tahun 2024 ke Candi Borobudur akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi anda dan keluarga.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://pgrijateng.org/