4 Wisata Di Swiss Dengan Pemandangan Menakjubkan

Swiss merupakan salah satu negara Eropa yang kerap menjadi incaran wisatawan, karena ada banyak tempat wisata di Swiss yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Ketika berbicara tentang tempat wisata di Swiss, wisata yang berbasis alam menjadi keunggulan negara ini.

Negara dengan empat musim ini menawarkan pemandangan pegunungan alpen yang mengesankan, pedesaan yang indah danau dan sungai yang indah, serta daerah perkotaan dengan arsitekur unik. Inilah yang menjadi daya tarik tempat wisata di Swiss.

Tidak masalah jika anda bepergian sendiri, bersama pasangan, atau keluarga. Pasalnya Swiss memiliki banyak destinasi wisata menarik yang dapat anda pilih. Bagi anda yang ingin berlibur ke sana, mari simak apa saja tempat wisata di Swiss yang wajib untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Swiss

Bagi anda yang berencana untuk traveling ke Swiss, penting untuk mencari tau tempat wisata di Swiss yang paling menarik dan terjangkau untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Swiss yang bisa anda jadikan referensi:

1. Geneva

Geneva merupakan pusat informasi dan teknologi negara yang dijuluki sebagai negara terbersih dan terindah ini. Salah satu daerah yang menjadi tempat wisata di Swiss ini menawarkan objek wisata budaya seperti museum dan wisata kuliner berupa pabrik coklat.

Anda juga akan menemukan kantor cabang United Nations, palang merah Internasional, WHO, Word Trade Organization, dan insitusi-insitusi dunia lainnya. Itulah mengapa Geneva selalu ramai oleh para pelajar dan aktivis.

Sejarah

Lake Geneva dimulai sejak jaman Romawi Kono, ketika danau ini digunakan sebagai jalur perdagangan dan transportasi. Di abad ke-19 danau ini menjadi tempat populer bagi para turis kelas atas, terutama dari inggris dan rusia, yang mebangun vila-vila megah di sekitar danau.

Atraksi Wisata

Saat ini, lake Geneva menjadi tempat tujuan wisata yang populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, aktivitas air, dan budaya Swiss yang kaya. Beberapa atraksi wisata populer di sekitar danau termasuk Jet, sebuah air muncur setinggi 140 meter yang menjadikan ikon kota Jenewa, serta Chilion Castle, sebuah kastil abad pertengahan yang terletak di tepi danau.

Harga Tiket

Untuk atraksi wisata di sekitar danau bervariasi tergantung pada jenis atraksi dan usia pengunjung. Sebagai contoh, tiket masuk ke Chillon Castle seharga sekitar 13 Euro untuk dewasa dan 7 Euro untuk anak-anak. Sementara itu, tiket masuk ke PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Jenewa gratis untuk umum.

Akses Lokasi

Untuk mengakses Lake Geneva, terdapat beberapa opsi transportasi, seperti kereta api, bus, dan mobil pribadi. Ada juga layanan kapal yang tersedia di sepanjang danau, yang menjadi cara yang populer bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan indah sekitar danau.

Tips Pengunjung

  1. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di sepanjang Danau Geneva.
  2. Cobalah untuk naik kapal pesiar untuk menikmati pemandangan danau yang spektakuler.
  3. Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Swiss yang tersedia di sepanjang danau.
  4. Selalu periksa cuaca sebelum berkunjung dan kenakan pakaian yang sesuai untuk menikmati pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.
  5. Pastikan untuk mematuhi aturan dan etika yang berlaku di sekitar danau, termasuk jangan membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Jelajahi keindahan Danau Geneva, permata Swiss di jantung Eropa. Baca artikel ini untuk mengetahui sejarah, atraksi wisata beserta harga tiket, dan akses lokasi ke Danau Geneva, serta tips-tips bagi pengunjung untuk menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

2. Air Terjun Rhine

Bagi anda yang menyukai wisata Air Terjun Rhine yang terletak di perbatasan Swiss dan jerman ini bisa menjadi pilihan terbaik. Air Terjun Rhine memiliki lebar 150 meter dan memiliki ketinggian 23 meter, menjadikannya sebagai air terjun terbesar di Eropa. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah, atraksi wisata, harga tiket, dan akses lokasi dari Air Terjun Rhine.

Sejarah

Air Terjun Rhine terbentuk sekitar 14.000 tahun yang lalu selama periode Es. Pada saat itu, gletser menutupi daerah itu dan ketika gletser tersebut mencair, air memotong lembah dengan membanjiri aliran yang ada di sana. Seiring berjalannya waktu, aliran air ini mengubah bentuk batuan di sekitarnya, membentuk air terjun yang dikenal saat ini.

Atraksi Wisata & Harga Tiket

Air Terjun Rhine menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik, termasuk pemandangan indah dari air terjun, perjalanan dengan kapal, dan jalan-jalan yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar.

Harga tiket untuk air terjun berviasi tergantung pada waktu kunjungan dan usia pengunjung. Untuk orang dewasa, tiket berkisar antara CHF 5-7, sedangkan tiket anak-anak tersedia dengan yang lebih murah.

Akses Lokasi

Air Terjun Rhine terletak di dekat kota Schaffhausen di Swiss utara. Pengunjung dapat mencapai tempat ini dengan kereta api atau mobil. Stasiun kereta api terdekat adalah Neuhausen am Rheinfall, dan pengunjung dapat menaiki bus atau berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai air terjun.

Tips Pengunjung

Berikut adalah beberapa tips untuk pengunjung yang ingin mengunjungi The Rhine Falls di Switzerland:

  1. Persiapkan diri dengan pakaian yang sesuai: Karena Rhine Falls terletak di area terbuka, pastikan Anda memakai pakaian yang sesuai. Dan nyaman, terutama jika Anda mengunjungi pada musim dingin atau saat cuaca tidak bersahabat.
  2. Waktu terbaik untuk mengunjungi: Musim panas adalah waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Rhine Falls karena air terjun berada pada puncaknya, namun juga menjadi waktu yang paling ramai. Jika Anda ingin menghindari kerumunan, pertimbangkan untuk mengunjungi selama musim semi atau awal musim gugur.
  3. Siapkan kamera Anda: Rhine Falls adalah pemandangan yang luar biasa indah, pastikan Anda membawa kamera dan mempersiapkan diri untuk mengambil banyak foto.
  4. Periksa harga tiket: Pastikan Anda memeriksa harga tiket sebelum mengunjungi Rhine Falls untuk memastikan Anda membawa uang yang cukup.
  5. Patuhi aturan dan peraturan: Seperti halnya tempat wisata lainnya, Rhine Falls memiliki aturan dan peraturan yang perlu diikuti, pastikan Anda mematuhi aturan tersebut selama kunjungan Anda.
  6. Jangan lupa membawa bekal: Jangan lupa membawa bekal jika Anda ingin menikmati waktu di area piknik yang tersedia di sekitar Rhine Falls.
  7. Ikuti tur: Jika Anda ingin mempelajari lebih banyak tentang Rhine Falls dan sejarahnya, pertimbangkan untuk ikut tur yang tersedia di area tersebut.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke The Rhine Falls, Switzerland. Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan etika selama mengunjungi tempat wisata ini, serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya

3. Danau Zurich

Terletak di ujung barat kota Zurich, Danau Zurich menjadi tempat wisata di Swiss yang wajib Anda kunjungi. Pemandangan danau yang memiliki air jernih dengan latar belakang pegunungan berwarna putih karena tertutup salju akan menyambut Anda.

Cara terbaik untuk menjelajahi pemandangan tempat wisata di Swiss ini adalah dengan menyewa perahu. Air yang tenang dan jernih bisa memberikan perasaan damai, sehingga cocok untuk Anda yang ingin healing.

Tak heran apabila saat musim panas tiba banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong mendatangi tempat wisata di Swiss ini. Sebab, Danau Zurich di musim panas memiliki pemandangan hijau menakjubkan.

Anda bisa mengunjungi Danau Zurich menggunakan kereta atau trem dari stasiun utama kota Zurich untuk menuju tempat pemberhentian terdekat. Tiket masuknya sekitar 17.20 CHF atau perkiraan setara dengan Rp 285.000 untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak dikenakan biaya sekitar 8.60 CHF atau perkiraan setara dengan Rp 142.300 per orang.

Ciri-Ciri Zurich

Zurich memiliki ciri-ciri yang khas dan menarik, yang membuatnya menjadi salah satu danau tercantik di Swiss. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari Lake Zurich:

  • Air yang jernih dan bersih. Air danau ini memiliki kualitas yang sangat baik, dan bisa diminum langsung tanpa perlu dimurnikan. Air danau ini juga memiliki warna yang bervariasi, tergantung pada cuaca, waktu, dan kedalaman. Air danau ini bisa berwarna biru, hijau, atau abu-abu, dan bisa berkilauan, berombak, atau tenang. Air danau ini juga kaya akan kehidupan, dan menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, burung, dan tumbuhan.
  • Pemandangan yang indah dan beragam. Pemandangan di sekitar danau ini sangat indah dan beragam, dan bisa dinikmati sepanjang tahun. Anda bisa melihat pegunungan dan bukit yang hijau dan berbatu, yang membentuk latar belakang yang megah dan dramatis. Anda juga bisa melihat kota-kota dan desa-desa yang cantik dan bersejarah, yang tersebar di sepanjang tepi danau. Anda juga bisa melihat pulau-pulau kecil yang menawan, seperti Ufenau dan Lützelau, yang memiliki gereja dan biara kuno. Anda juga bisa melihat perubahan musim yang menakjubkan, seperti salju yang putih dan tebal, bunga sakura yang merah muda dan lembut, daun-daun yang merah dan kuning, dan langit yang biru dan cerah.
  • Aktivitas yang menyenangkan dan bervariasi. Aktivitas di sekitar danau ini sangat menyenangkan dan bervariasi, dan bisa disesuaikan dengan minat dan selera Anda. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang, berlayar, berperahu, dan memancing, di berbagai tempat yang tersedia di sepanjang danau. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas darat, seperti bersepeda, berjalan kaki, berkemah, dan bermain golf, di berbagai jalur dan lapangan yang ada di sekitar danau. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas budaya, seperti mengunjungi museum, gereja, kastil, dan monumen, yang menampilkan sejarah dan seni daerah tersebut.

Tempat Menarik Di Sekitar Zurich

  • Zurich adalah kota terbesar dan terpenting di Swiss, yang terletak di ujung barat laut danau. Kota ini adalah pusat keuangan, bisnis, pendidikan, dan budaya di Swiss, dan memiliki banyak atraksi dan fasilitas yang bisa Anda nikmati. Anda bisa mengunjungi Bahnhofstrasse, jalan perbelanjaan yang terkenal dan mewah, yang menawarkan berbagai merek dan produk terkenal. Anda juga bisa mengunjungi Altstadt, kawasan kota tua yang bersejarah, yang menampilkan bangunan-bangunan kuno dan indah, seperti Fraumünster, Grossmünster, dan Rathaus. Anda juga bisa mengunjungi Kunsthaus, museum seni yang terkenal, yang menampilkan karya-karya dari berbagai seniman terkenal, seperti Monet, Picasso, dan Chagall.
  • Rapperswil. Rapperswil adalah kota yang terletak di ujung tenggara danau, yang dikenal sebagai “kota mawar”. Kota ini memiliki suasana yang romantis dan menawan, dengan bunga-bunga mawar yang mekar di berbagai tempat. Anda bisa mengunjungi kastil Rapperswil, yang merupakan lambang kota, yang menawarkan pemandangan yang spektakuler ke danau dan pegunungan. Anda juga bisa mengunjungi Knie’s Kinderzoo, kebun binatang yang populer di kalangan anak-anak, yang menampilkan berbagai binatang lucu dan jinak, seperti gajah, unta, dan lumba-lumba. Anda juga bisa mengunjungi jembatan kayu, yang merupakan jembatan tertua di Swiss, yang menghubungkan Rapperswil dengan Hurden.
  • Pfaffikon adalah kota yang terletak di tepi selatan danau, yang merupakan pusat industri dan pariwisata di daerah tersebut. Kota ini memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang modern dan berkualitas, seperti hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan. Anda bisa mengunjungi Alpamare, taman air tertutup terbesar di Eropa, yang menawarkan berbagai wahana dan kolam yang seru dan menyegarkan. Anda juga bisa mengunjungi Lindt & Sprüngli, pabrik cokelat yang terkenal, yang menawarkan berbagai produk dan informasi tentang cokelat. Anda juga bisa mengunjungi Seedamm, bendungan dan jembatan yang menghubungkan Pfäffikon dengan Rapperswil, yang merupakan tempat yang strategis dan penting di sepanjang danau.

4. Gunung Matterhorn

Matterhorn merupakan sebuah gunung yang terletak di Alpen, tepatnya di perbatasan antara Swiss dan Italia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.478 meter dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Alpen.

Sejarah

Nama Matterhorn berasal dari bahasa Jerman, yang berarti gunung bahan. Gunung ini pertama kali didaki pada tahun 1865 oleh sekelompok pendaki dari Inggris dan Swiss. Namun, pendakian pertama ini tidak berjalan dengan lancar, dan empat dari tujuh pendaki yang mencoba mendaki gunung ini tewas dalam perjalanan turun.

Atraksi Wisata

Matterhorn menjadi daya tarik bagi para pendaki dan turis yang ingin menikmati keindahan Alpen. Beberapa atraksi wisata yang bisa dinikmati di Matterhorn adalah:

  1. Menikmati pemandangan dari stasiun kereta gantung Matterhorn Glacier Paradise yang terletak di ketinggian 3.883 meter. Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Alpen yang indah.
  2. Mendaki The Matterhorn untuk pengalaman mendaki gunung yang menantang. Namun, pendakian ini hanya disarankan bagi pendaki yang sudah berpengalaman.
  3. Menikmati keindahan pemandangan Alpen dari The Gornergrat Observatory yang terletak di ketinggian 3.135 meter.

Akses Lokasi

Untuk menuju ke The Matterhorn, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti kareta atau bus. Namun untuk menikmati pemandangan Alpen yang indah, disarankan untuk menggunakan kereta gunung atau kabel pengakut.

Bagi para pendaki, jalur pendakian ke The Matterhorn terbagi menjadi dua yaitu jalur Swiss dan jalur Italia. Jalur Swiss dapat diakses melalui kota Zermatt, sedangkan jalur Italia dapat diakses melalui kota Breuil-Cervinia.

Tips Pengunjung 

Berikut beberapa tips untuk pengunjung yang ingin mengunjungi The Matterhorn di Switzerland:

  1. Pilih waktu yang tepat: Karena cuaca di pegunungan bisa sangat berubah-ubah, pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi The Matterhorn. Biasanya musim panas (Juni hingga September) adalah waktu yang paling baik untuk berkunjung.
  2. Siapkan diri secara fisik: The Matterhorn adalah gunung yang cukup tinggi dan menantang, jadi pastikan Anda siap secara fisik sebelum memulai pendakian. Lakukan latihan fisik dan pastikan Anda membawa perlengkapan yang tepat.
  3. Perhatikan kesehatan Anda: Karena ketinggian dan cuaca yang ekstrem, perhatikan kesehatan Anda selama perjalanan. Jangan ragu untuk menghentikan pendakian jika Anda merasa lelah atau sakit.
  4. Ikuti aturan yang ada: Saat mengunjungi The Matterhorn, pastikan Anda mengikuti semua aturan dan peraturan yang ada. Hal ini termasuk membuang sampah dengan benar dan memperhatikan keselamatan Anda dan orang lain di sekitar Anda.
  5. Bersiaplah untuk harga tiket yang mahal: Tiket masuk ke The Matterhorn cukup mahal, jadi pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup sebelum mengunjungi tempat ini. Namun, Anda dapat memilih untuk membeli Swiss Travel Pass yang memungkinkan Anda mengunjungi beberapa tempat wisata dengan harga yang lebih terjangkau.

The Matterhorn adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Swiss yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang luar biasa. Dengan menikmati atraksi wisata seperti stasiun kareta gunung Matterhorn Glacier Paradise dan The Gornergrat Observatory, serta mendaki gunung The Matterhorn, pengunjung bisa menikmati keindahan Alpen yang menakjubkan.